5 Festival Paling Favorit Di Indonesia

Ditulis oleh Unknown » Rating Blog : 5 dari 5
5 Festival Paling Favorit Di Indonesia - Selama setahun, ada banyak sekali karnaval dan festival yang berlangsung di Indonesia. Mulai dari Pekan Raya Jakarta hingga Festival Danau Toba yang keren itu, aneka festival selalu menarik perhatian wisatawan.

Festival Budaya Indonesia
 Foto : travel.detik.com - Solo Batik Carnival


Berikut adalah  5 Festival Paling Favorit Di Indonesia yang dikutip dari travel.detik.com yang menggelar survei detikTravel Reader's Choice pada 20 Desember 2013-15 Januari 2014 lalu yang melibatkan 3.970 responden


1. Pekan Raya Jakarta (35%) 
 
Selama sebulan, Jakarta berpesta. Inilah Pekan Raya Jakarta yang rutin diadakan setiap tahun, di Kemayoran, Jakarta Utara. Festival rakyat ini berisikan banyak sekali kegiatan. Mulai dari parade hingga pasar malam.

Ada 1.376 responden atau 35 persen yang memilih festival yang satu ini. Dengan begitu, Pekan Raya Jakarta berada dalam posisi pertama sebagai festival paling favorit bagi pembaca detikTravel.


2. Java Jazz Festival (23%) 
 
Masih di Jakarta, kali ini ada Java Jazz Festival. Festival yang sudah berlangsung selama 10 tahun ini makin banyak diminati. Musik jazz yang dibawakan oleh artis terkenal kelas dunia membuat festival yang satu ini selalu berhasil mendatangkan banyak pengunjung.

Terlihat dari banyaknya responden yang memilih Java Jazz Festival sebagai yang paling favorit. Dengan 902 responden, festival ini pun otomatis berada di posisi kedua dengan 23 persen suara.


3. Solo Batik Carnival (20%) 
 
Dimulai sejak tahun 2008, Solo membuat karnaval yang berhubungan dengan kain khasnya yaitu Solo Batik Carnival. Magnet utamanya adalah para model yang berbalut kain batik dengan desain yang memukau. Tak heran jika karnaval yang berlangsung di Jalan Slamet Riyadi ini masuk dalam salah satu 5 festival paling favorit.

Setidaknya ada 785 responden (20%) yang menjadikan karnaval ini sebagai yang paling favorit. Karnaval ini jadi ajang paling pas untuk berburu foto yang keren dari para model.



4. Jember Fashion Carnival (12%) 
 
Ada sekitar 475 responden atau 12 persen yang memilih Jember Fashion Carnival sebagai karnaval favorit mereka. Bagaimana tidak, karnaval yang menghadirkan kostum-kostum super keren ini tidak saja menarik bagi turis lokal tapi juga luar negeri.

Karnaval yang sudah berlangsung sejak tahun 2001 ini semakin besar dan keren di setiap tahunnya. Siap-siap dengan kamera terbaik untuk menangkap momen terbaik dari para model dengan kostum yang memukau.


5. Festival Danau Toba (11%) 
 
Terakhir, ada Festival Danau Toba yang mengekspos kecantikan danau megah di Sumatera Utara. Ada setidaknya 432 responden (11 persen) yang memilih festival ini. Seperti pesta rakyat yang masif, aneka tarian dan pertunjukan digelar di sini.

Beberapa acaranya antara lain Karnaval Sigale-gale dan World Drum Festival. Bukan hanya kebudayaan yang bisa dinikmati, tapi juga olahraga. Seperti contoh, tahun kemarin, ada lomba renang mengelilingi Pulau Samosir. Tertarik?


Nah, itulah 5 Festival Paling Favorit Di Indonesia semoga bermamfaat.